Selasa, 04 Mei 2010

Tips membangun blog yang sukses (part 1)

gambar:blog sukses

    Sobat, tahukah sobat seperti apa sih blog yang sukses itu? Menurut saya blog yang sukses itu adalah blog yang berhasil mencapai target sesuai dengan keinginan sang empunya. Betul tidak? Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas sedikit mengenai bagaimana membangun blog yang berhasil. kalau menurut saya blog yang sukses itu memerlukan beberapa kriteria diantaranya sebagai berikut:


Motivasi yang kuat untuk berhasil
    Sobat, motivasi adalah energi. Energi motivasi dibutuhkan untuk membangun kekuatan tekad dan kemudian tekadlah yang akan dapat menggerakan diri kita untuk berhasil. Tidak dapat dipungkiri bahwa rata-rata orang sukses di dunia ini baik sukses dalam hal blogging atau bukan, mereka mempunyai tekad yang kuat untuk berhasil. Bila diibaratkan sebuah kerajaan, tekad adalah rajanya dan pikiran kita adalah penasehat kerajaannya sedangkan tubuh kita adalah rakyatnya. Jika rajanya itu kuat dan berwibawa, maka seluruh rakyat akan patuh dan mengikuti kehendak sang raja dan apabila rajanya lemah, jangan harap rakyat bisa mematuhi perintah sang raja.
    Karena blog ini bukan blog motivasi, sobat bisa mempelajari lebih jauh bagaimana membangun motivasi melalui buku-buku ataupun blog yang khusus membahas seputar motivasi.

Pengetahuan yang lengkap seputar dunia blogging
    Ketika kita akan pergi ke Roma kita harus tahu jalan menuju roma. Betulkan teman-teman? (ya iyalah…. ^_^) Nah dalam blogging pun demikian.. kalau kita pengen sukses minimal kita harus paham dulu seluk-beluk dunia perbloggingan. Cara menyenangkan dan paling ampuh belajar blog adalah dengan terjun langsung ke lapangan sambil terus mengikuti artikel-artikel terbaru dari blog/website yang memang membahas seputar dunia blogging.

Pengetahuan yang banyak dan mendalam mengenai tema yang diangkat
    Jika sobat tidak mempunyai pengetahuan yang banyak mengenai tema yang diangkat, bisa-bisa pengunjung tidak tertarik dengan blog sobat. Kebanyakan mereka akan menganggap blog sobat sebagai blog yang kurang kredibel. Artinya, blog sobat kurang terpercaya (bukan kurang bisa dipercaya). Dan jika mereka tidak tertarik, mereka dengan mudahnya bisa mengunjungi situs lain yang lebih baik dalam hal ini. So, asah terus pengetahuan sobat mengenai tema blog sobat.
Untuk lebih mudah mengasah pengetahuan tentang tema tersebut, saya lagi-lagi menyarankan agar membuat blog sesuai dengan tema yang sobat senangi agar sobat tidak merasa berat mendalaminya. Jika sobat senang terhadap bidang tertentu, berarti sobat mempunyai minat terhadap bidang tersebut dan minatlah yang akan menumbuhkan motivasi belajar dalam diri sobat.

Kemampuan menulis konten yang bermutu
    Jika sobat sudah mempunyai pengetahuan yang mendalam mengenai tema yang diangkat, berarti sobat bisa menulis konten yang bermutu. Sobat harus bisa menuangkan pengetahuan tersebut ke dalam bentuk tulisan. Sobat bisa baca artikel tentang bagaimana menulis konten blog, untuk membacanya klik disini.
Selain itu untuk membuat konten yang bermutu, minimal sobat harus lebih tahu dari pengunjung sobat. Bagaimana mengetahuinya kalau sobat lebih tahu atau tidak? Ya kira-kira saja… ^_^. Namun, perlu diperhatikan bahwa jangan sampai kita terkesan menggurui, bahkan terkesan sombong . Wah.. kalau sudah terkesan sombong, bahayanya dunia akherat tuh… ^_^.

   Nah, itulah beberapa kriteria yang saya maksudkan. Namun tulisan ini belum selesai dan insyaallah akan saya lanjutkan pada posting berikutnya. Simak terus pembahasannya. Bila sobat ingin menambahkan atau bahkan tidak sependapat, silahkan memberikan komentar pada kotak komentar di bawah ini.




4 Komentar:

toko komputer mengatakan...

kunjungan balik dari tomodachi.

Saya juga setuju sama posting anda diatas dan menurut saya motivasi itu yang terpenting. yang lainnya bisa dipelajari, tapi tanpa motivasi yang kuat tak mungkin bisa melewati tantangan2 untuk membuat blog yang sukses

Edie mengatakan...

Siip.. maju terus toko komputernya mas...

Tongkonan mengatakan...

Kemampuan menulis konten yang bermutu itu yg blum saya kuasai. Masih terus belajar. :)

lipat brosur mengatakan...

jadi menurut anda kunci penting sukses bloging adalah daya tarik materi artikelnya bukan pada index google

Posting Komentar