Kamis, 06 Mei 2010

Tips membangun blog yang sukses (part 2)


blog sukses
              Senang sekali saya bisa kembali berbagi bersama sobat, walaupun hanya melalui tulisan, tapi semoga bisa membawa manfaat bagi sobat semua. Pada postingan sebelumnya saya menjelaskan beberapa kriteria tentang “membangun blog yang sukses” diantaranya adalah sebagai berikut :

1)    Memiliki motivasi yang kuat untuk berhasil
2)    Pengetahuan yang lengkap seputar dunia blogging
3)    Pengetahuan yang banyak dan mendalam mengenai tema yang diangkat
4)    kemampuan menulis konten yang bermutu
    Dibawah ini merupakan kelanjutan dari posting tersebut. Bagi yang belum membacanya silahkan klik disini. Adapun kriteria yang lainnya adalah sebagai berikut:

Sering-seringlah meng-update blog sobat
    Salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat blog kita di search engine adalah seberapa sering kita meng-update blog kita. Banyak diantara teman-teman blogger yang sering meng-update status di facebook, terkadang sehari ada yang lebih dari sepuluh kali. Namun seberapa seringkah kita meng-update postingan blog? Hmm… ada yang sering ada juga yang ogah-ogahan karena malas… (termasuk juga saya.. hehe).
    Salah satu alasan yang membuat teman-teman blogger (dan saya sendiri ) malas dalam mengupdate postingan terkadang karena tidak tahu apa yang harus ditulis. Ketidaktahuan tersebut lagi-lagi karena kurang derasnya ide yang mengalir di dalam kepala kita.
    Sobat,,, salah satu faktor yang mempengaruhi derasnya ide yang mengalir lagi-lagi adalah banyaknya pengetahuan yang kita miliki. Hal ini sesuai dengan yang saya ungkapkan pada posting sebelumnya. Jadi, sebelum mengupdate postingan, update dulu pengetahuan kita tentang tema yang diangkat.
    Dalam mengupdate postingan, kita harus melakukanya secara kontinu. Sehingga, kita sebisa mungkin harus mampu mengatur waktu. Inilah yang paling berat menurut saya, jika dilihat dari sudut pandang saya yang notabene adalah seorang mahasiswa yang mempunyai kesibukan selain di kampus juga mempunyai banyak agenda diluar kampus. Apalagi ada faktor –x yang sangat menyulitkan dan mendesak. Loh…. Kok jadi curhat ya?? Hehe maaf… 
    Yah… mungkin ada juga sobat yang merasa bahwa waktu bukanlah suatu masalah, karena sudah mempunyai keahlian untuk me-managenya atau karena tidak mempunyai banyak kesibukan. Kalau seperti itu keadaanya saya ucapkan selamat bagi sobat… (dan turut berduka cita bagi saya…. Heheh).

Kesabaran sebagai kunci
    Untuk tetap bisa continue mengembangkan blog kita dan menulis posting-posting, diperlukan kesabaran yang ekstra, kecuali mungkin bagi sobat yang menganggap bahwa menulis adalah sesuatu yang menyenangkan.
    Kita juga mesti sabar untuk tidak terburu-buru mengikutkan blog kita ke suatu program affiliasi, PTC ,PPR dan sebagainya tanpa kualitas blog yang layak. Apalagi kalau blog tersebut masih sangat baru. Kalau mau dianalogikan, sebuah blog yang baru itu ibarat kuda yang baru lahir. Dan jika program-program Affiliasi (dan lain-lain) dianalogikan sebagai penumpangnya, maka kuda tersebut belum bisa menarik penumpang karena masih bayi. Betul tidak sobat? Jadi, sebelum bisa menarik penumpang, blog kita harus dibesarkan dulu dengan cara diberi konten-konten yang bermutu dan diusahakan agar pageranknya bagus, baru bisa narik deh…

Promosikan blog sobat
    Ada banyak cara untuk mempromosikan blog sobat, beberapa diantaranya yaitu, dengan Search Engine Optimization, bertukar link dan sebagainya. Salah satu yang sangat penting menurut saya adalah menjalin kontak dengan blogger lain yang memiliki tema yang sama dengan kita. Ini memungkinkan kita untuk bisa bertukar pikiran, saling mengkoreksi kekurangan satu sama lain dan tentunya bisa bertukar link.
    Demikian tulisan ini semoga bermanfaat bagi sobat, semoga kita bisa terus berbagi pengalaman dan pengetahuan satu sama lain.
^_^

7 Komentar:

Lutfi Setiyawan mengatakan...

sipppp . . .
temanya sama yah !

http://magazineforum.blogspot.com/2010/04/beberapa-kekeliruan-dalam-mempromosikan.html

http://magazineforum.blogspot.com/2010/04/tips-menarik-banyak-komentar.html

Edie mengatakan...

@wildan: iya... temanya sama... wah,,, ada teman sharing nih...

Belajar Ngeblog | Tips Trick | Free Template mengatakan...

Aku kurangnya dalam hal management mas..
Sulit untuk saya.. duh..
Semoga bisa menjadi lebih baik lagi..

Edie mengatakan...

@belajar ngeblog: semangat mas...!!

ayu mengatakan...

waah edi....
mantab... ikutan promosi di sini akh :)

Edie mengatakan...

hehe... ayu bisa ajah...

Piala Dunia mengatakan...

"Sering2 mengupdate blog", itu yg blum sy lakukan.

Posting Komentar